Entri yang Diunggulkan

Patriaki Budaya Khas Suku Batak Sumatera Utara Yamg Sangat Unik

6 Penyanyi Keroncong Terkenal di Indonesia Yang Sangat Legendaris


Keroncong sudah menjadi jenis musik budaya Indonesia yang pada awalnya dibawa oleh Bangsa Portugis. Alunan musik keroncong di Indonesia memiliki gaya khas tersendiri dari aslinya yang berasal dari Portugis. Baca lainnya, 5 Penyanyi Balada Terkenal di Indonesia Yang Sangat Legendaris

Berikut akan dibahas beberapa penyanyi keroncong ternama wanita dan pria yang sudah tidak asing lagi

Sundari Soekotjo, penyanyi dengan wajah cantik dan suara merdu ini selalu menghiasi TVRI stasiun satu - satunya pada era 80 an. Bahkan hingga kini Sundari Soekotjo masih eksis menyanyi keroncong di beberapa channel TV meskipun tidak sesering seperti dulu.

Sundari Soekotjo suka menyanyi keroncong ketika diperkenalkan ayahnya seorang tentara yang berpangkat letnan satu Soekotjo Ronodihardjo.



Sundari Soekotjo memulai karirnya pada umur yang sangat muda 15 tahun. Berbagai penghargaan yang diraih yaitu,
  • Sundari Soekotjo merilis album keroncong asli dan mendapat penghargaan Keroncong Award 2002 yang diselenggarakan Yayasan Bina Suci dan Radio Republik Indonesia.
  • Pada tahun 2002 Sundari Soekotjo mendapat penghargaan khusus dari dewan kategorisasi di ajang AMI Sharp ke 6
  • Pada tanggal 14 Agustus 2002 Sundari Soekotjo dinyatakan lulus sebagai sarjana musik oleh Universitas Negeri Jakarta (dulunya IKIP) dengan nilai cukup memuaskan.
  • Pada tanggal 21 April 2016 Sundari Soekotjomerayakan 40 tahun berkarya di dunia keroncong dengan menggelar konser akbar bertajuk Senandung Keroncong Indonesia.

Wiwik Sumbogo juga memiliki wajah cantik dan suara merdu sering menghibur TVRI pada era 80 an. Wiwik sumbogo lebih sering menyanyikan lagu jawa dalam irama keroncong dan sangat indah didengar. Wiwik Sumbogo sangat dikenal khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur.  Karir Wiwik Sumbogo melambung ketika merilis album pop.



Waljinah adalah penyanyi keroncong wanita kawakan. Waljinah menyanyikan keroncong spesialis Jawa yang dikenal dengan julukan "Ratu Keroncong". Karir waljinah berawal sejak meraih juara I Bintang Radio Indonesia 1965. 

Judul lagu terkenal yang dinyanyikan Waljinah yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia yaitu Walang Kekek dan Jangkrik Genggong. Pada tahun 2002 Waljinah menerima anugerah dari yayasan musik Hanjaringrat di Solo dengan Komponis Gesang dan para seniman lainnya.



Mamiek Slamet dan Mus Mulyadi
Kedua penyanyi pria ini populer menyanyikan lagu keroncong era 70 dan 80 an. Selain itu mereka jg sering menyanyikan lagu Jawa dalam irama keroncong.  Mus Mulyadi sempat di juluki "Buaya Keroncong" dengan beberapa lagu populernya yaitu Jembatan Merah, Kota Solo, Telomoyo, Dinda Bestari

 




Bram Aceh
Bram Aceh adalah penyanyi keroncong pria kawakan. Bram Aceh kakek dari penyanyi pop ternama Harvey Malaiholo. Bram dikenal dengan sebutan " Si Buaya Keroncong" dan "Bapak Keroncong Indonesia". 

Pada tahun 1955 Bram Aceh keluar sebagai juara I Keroncong Jakarta Raya. Pada tahun 1980 Bram Aceh menjadi juara Keroncong Tempo Doeloe se- Jabodetabek. Namun beliau sudah wafat pada tahun 2001.



Demikianlah beberapa penyanyi ternama di Indonesia yang pernah berjaya pada masanya. Sekarang ini keroncong sudah mulai digalakkan di kalangan remaja dengan kreasi keroncong modern.