Entri yang Diunggulkan

Patriaki Budaya Khas Suku Batak Sumatera Utara Yamg Sangat Unik

5 Penyanyi Religi Terkenal di Indonesia Yang Sangat Legendaris



Sebagai negara mayoitas muslim Indonesia memiliki penyanyi religi yang sangat populer dan legendaris. Terutama dibulan Ramadhan dan Indul Fitri lagu-lagu religi selalu menghibur masyarakat Indonesia membuat hati sejuk mendengarkannya. Inilah peyanyi religi yang sangat legendais yang lagunya asik sekali didengar

Kehadiran grup Bimbo dalam khasanah musik religi Indonesia memberikan warna dan kesan tersendiri dihati masyarakat Indonesia. Sangat sedikit sekali penyanyi lagu religi yang sukses tenar seperti bimbo pada waktu itu. Grup Bimbo berasal dari Bandung yang terbentuk pada tahun 1967 terdiri dari 4 orang bersaudara 3 laki - laki dan 1 perempuan. Nama mereka yaitu Sam, Acil, Jaka dan Iin Parlina

Pada awalnya mereka banyak menyanyikan lagu tentang cinta. Pada tahun 1974 mereka lebih banyak menyanyikan lagu religi. Lagu religi yang pertama berjudul Tuhan kemudian membuat album qasidah. Pada tahun 1977 membuat lagu religi terpopuler yang berjudul Sajadah.

Lagu - lagu religi Bimbo sering dinyanyikan kembali oleh penyanyi  - penyanyi lainnya terutama pada saat Hari Raya Idul Fitri pada era 1990 - 2000 diantaranya yaitu Arman Maulana penyanyi grup GIGI. Beberapa pembuatan lagu - lagu religi Bimbo ada yang bekerja sama dengan sastrawan Taufiq Ismail seperti lagu yang berjudul Rindu Rasul, Sajadah Panjang


   
Opick banyak menelurkan lagu religi pada awal era 2000. Album religi pertama tahun 2005 Istigfar sukses mendapat doble platinum dengan penjualan 1 juta keping. Kemudian pada tahun 2006 Semesta Bertasbih juga sukses. 

Lalu tahun - tahun berikutnya juga sukses yaitu tahun 2007 Ya Rahman, tahun 2008 Cahaya Hati, tahun 2009 Di Bawah Langit Mu, dan tahun 2010 bertajuk Salallohu Ala Muhammad. Pada tahun 2010 Opick menggelar kontestan untuk lagu - lagu religinya yang terdiri dari 18 finalis yang akan terpilih menjadi 3 orang pemenang.

Opick yang memiliki nama lengkap Aunur Rofiq Lil Firdaus dilahirkan di Jember Jawa Timur tahun 1974. Opick adalah cucu K. H. Abdul Mukti seorang Kiai yang ternama di daerah kelahirannya. Sejak SMP Opick sudah memiliki bakat bernyanyi dan dapat memainkan beberapa alat musik dan sempat membentuk band.



Sulis penyanyi religi yang suskes berduet bersama Hadad Alwi. Rekaman pertama Sulis melantunkan sholawat Nabi anak - anak yang pada waktu itu masih berusia 9 tahun kelas 3 SD pada tahun 1999. Sulis berhasil menelurkan 12 album kompilasi maupun solo. 

Album Sulis yang ke 12 pada tahun 2007 bertajuk Ya Allah. Album Sulis yang berduet dengan Hadah Alwi diantaranya yaitu Cinta Rasul 1, Cinta Rasul 2, Cinta Rasul 3,  Cinta Rasul 4, Cinta Rasul5, Seribu Salam Bagi Rasul

Sulis yang bernama lengkap Sulistyowati lahir di Solo Jawa Tengah pada tahun 1990. Sulis berguru pada Anwar Fauzi yang juga menciptakan beberapa lagu yang dibawakan.




Hadad Alwi adalah penyanyi religi Indonesia yang mampu menelurkan banyak album baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Arab. Selain memiliki solo abum Hadad Alwi juga memiliki Album berduet dengan Sulis, Gita Gutawa, Tasya, vokalis Fadly dari grup Padi, serta berkolaborasi dengan Grup Sheila on 7.

Album pertama Hadad Alwi bertajuk Cinta Rasul pada tahun 1999 sangat sukses. Selanjutnya meririlis banyak album hingga pada tahun 2014. Pada tahun 2005 Hadad Alwi masuk rekaman sony dengan album bertajuk bahasa arab Dalam Shimtud Durar

Pada tahun 2005 menelurkan album bertajuk The Way of Love berkolaborasi dengan Shaila On 7 dengan lagu utama berjudul Insan Utama, serta berduet dengan Fadly grup Padi berjudul Doaku. Pada tahun 2006 Hadad Alwi merilis album bertajuk Jalan Cinta 2.




Kemudian pada tahun 2009 Hadad Alwi berhasil merilis album kompilasi religi bertajuk 12 lagu pilihan dan sukses. Pada tahun 2010 Hadad Alwi merilis Album Muhammad Nabiku. Pada tahun 20011 Hadad Alwi merilis album Muhammad Nabiku 2. 

Pada tahun 2012 Hadad Alwi merilis album Pesan Damai yang terdiri lagu bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Pada tahun 2013 merilis album digital bertajuk Salawat Tradisional Dan Jalan Allah. Pada Tahun 2014 merilis album bertajuk Kidung Cinta Untuk Ayah Bunda yang hanya di jual di KFC.

Gigi adalah kelompok Band dgn Vokalis Armand Maulana. Selain menelurkan lagu2 beraliran pop dan rock kelompok Gigi jg byk menelurkan lagu2 religi. Baca lainnya, 5 Penyanyi Balada Terkenal di Idonesia Yang Sangat Legendaris



Lagu religi Gigi sangat populer dan hampir selalu diputar saat puasa dan lebaran. Lagu religi Gigi yang populer diantaranya diantaranya berjudul Pintu Sorga, Jalan Kebenaran, Raihlah Kemenangan.