Entri yang Diunggulkan

Patriaki Budaya Khas Suku Batak Sumatera Utara Yamg Sangat Unik

Matriaki Budaya Khas Suku Minangkabau Sumatra Barat Yang sangat Unik


Suku Minangkabau merupakan salah satu suku di Indonesia yang berada di Pulau Sumatra bagian Barat. Suku Minangkabau memiliki budaya khas yang disebut Matriaki. Budaya Matriaki kebalikan budaya Patriaki. Baca lainnya, Budaya Patriakat Khas Suku Batak Sumatra Utara.

Bertolak belakang dengan kebiasaan umum diseluruh dunia, budaya Matriaki mengambil silsilah keluarga berdasarkan garis keturunan ibu yang juga memiliki marga - marga yang dikukuhkan dalam bentuk budaya Matriaki. Setiap marga dipimpin oleh seorang Datuk. Datuk adalah seorang lelaki yang dikukuhkan menjadi pemimpin marga dalam Budaya Matriakat. Nama marga suku Minangkabau yang dikenal lebih kurang 57 marga diantaranya adalah sebagai berikut:
- Caniago
- Piliang
- Jambak
- Simabur
- Guci
- Sikumbang
- Tanjung


Satu marga tertentu dalam budaya Matriaki adalah satu keluarga besar. Oleh karenanya jika perempuan suku Minangkabau menikah dengan lelaki suku Minangkabau yang memiliki marga sama (semarga) maka, dilarang dalam budaya Matriaki meskipun tidak sedarah. 

Jika perempuan suku Minangkabau menikah dengan lelaki bukan suku Minangkabau maka, marga perempuan tersebut dapat dititiskan pada keturunannya. Sebaliknya jika lelaki suku minangkabau menikah dengan perempuan bukan suku Minangkabau maka, marganya tidak dapat dititiskan pada keturunannya. 

Pembagian warisan dalam budaya Matriaki lebih banyak untuk perempuan. Harta warisan yang dimaksud disini adalah harta warisan adat yg berasal dari garis keturunan ibu.  

Aturan budaya Matriaki ini semata - mata demi perlindungan terhadap perempuan sebagai contoh, perempuan yang ditinggal oleh suami yang merantau mencari nafkah dapat terlindungi dengan adanya budaya Matriaki.


Berdasarkan sejarahnya suku Minangkabau dipimpin oleh seorang wanita yang dikenal dengan nama Bundo Kanduang. Bundo Kanduang adalah seorang ratu yang memerintah di kerajaan Pagaruyung. Bundo Kanduang adalah pemimpin yang bijaksana dan membuat adat Minangkabau lestari dengan budaya Matriaki. 

Begitulah penjelasan singkat mengenai budaya Matriaki khas suku Minangkabau Sumatra Barat.