Entri yang Diunggulkan

Patriaki Budaya Khas Suku Batak Sumatera Utara Yamg Sangat Unik

Palang Pintu Budaya Khas Suku Betawi Jakarta Yang Sangat Unik


Acara pernikahan suku Betawi dari Propinsi DKI Jakarta dikenal dengan budaya buka "Palang Pintu" yang sangat khas sebagai syarat diterimanya lamaran pria terhadap wanita. Ketika melakukan adat budaya buka "Palang Pintu", rombongan mempelai pria diiringi robbana dan shalawat Nabi menuju kediaman mempelai wanita.

Rombongan mempelai pria dikawal oleh jawara - jawara untuk memasuki kediaman mempelai wanita dengan menggunakan percakapan pantun. Para jawara mempelai pria akan diadu silat dengan para jawara mempelai wanita. Jika jawara - jawara mempelai pria berhasil mengalahkan para jawara mempelai wanita maka rombongan mempelai pria diijinkan memasuki kediaman mempelai wanita. 

Setelah rombongan mempelai pria berhasil memasuki kediaman mempelai wanita, mempelai pria harus bisa mengaji supaya diterima lamarannya. Tradisi membuka "Palang Pintu" ini dimaksudkan supaya kelak sang suami dapat melindungi istrinya dari bahaya dan dapat menjadi imam yang baik dalam keluarga.



Silat "Palang Pintu" yang merupakan silat khas Betawi memiliki keunikan trik - trik silat tersendiri. Sekarang ini silat "Palang Pintu" banyak digalakkan supaya kelestariannya terjaga. Bahkan anak - anak muda remaja sudah ada yang menggandrungi silat "Palang Pintu". Baca lainnya, Matriaki Budaya Khas Suku Minangkabau Sumatra Barat Yang Sangat Unik

Semoga budaya "Palang Pintu" ini lestari karena selain unik juga memiliki kandungan positif sebagai adat lamaran mempelai pria terhadap mempelai wanita.