Entri yang Diunggulkan

Patriaki Budaya Khas Suku Batak Sumatera Utara Yamg Sangat Unik

5 Komponis Terkenal di Indonesia Yang Luar Biasa Karyanya


Komponis adalah orang yang menciptakan hasil karya musik. Indonesia memiliki beberapa komponis ternama dan layak mendapatkan acungan jempol tidak kalah dengan komponis luar negri. 

Sudah banyak pegelaran konser musik telah sukses dilakukan oleh komponis - komponis Indonesia mengiringi artis ternama dengan lagu - lagu hits iantarnya adalah sebgai berikut :

Erwin Gutawa, lahir di Jakarta 16 Mei 1962 berdarah sunda dari pasangan Gutawa Sumapraja dan Sariati Kodiat. Erwin lulusan UI jurusan teknik Arsitektur tahun 1986. Setelah lulus Erwin lebih menekuni musik.



Erwin sukses mengadakan pagelaran musik yang mengiringi penyanyi ternama Harvey Malaiholo, Crisye, Rossa, Krisdayanti, Ruth Sahanaya. Pada awal tahun 1980 musik Erwin Gutawa menjadi basis pada Orkes Telerama pimpinan Isbandi yang ditayangkan di TVRI.

Erwin sudah bergabung dengan band Karimata sejak tahun 1985 hingga tahun 1993 dan berhasil merilis 5 Album. Pada tahun 1993 Erwin mendirikan Erwin Gutawa Orkestra.

Erwin menikah dengan Lutfi Andriani memiliki dua anak yaitu Aluna Sagita ( Gita Gutawa) lahir 11 Agustus 1993 dan Aura Aria (Rara Gutawa) lahir 15 juli 2007. Gita Gutawa mengikuti jejak ayahnya sebagai musisi bahkan sebagai penyanyi yang telah menelurkan beberapa album.

Addie MS, lahir di Jakarta 7 oktober 1959. Addie MS memiliki bakat musik yang turun dari kakeknya Muhammad Soesilo. Addie sempat ditentang ayahnya Bandi Sumaatmadja namun semakin memacu Addie untuk menjadi pemusik.



Setelah belajar piano dengan Mrs Rotti selanjutnya lebih belajar secara otodidak. Karir musik Addie pada tahun 1979 telah membuat penyanyi semakin hits diantaranya Uthalikumahua, Crisye, Vina Panduwinata, Krisdayanti bahkan musisi mancanegara seperti Suzanne Ciani dari Amerika. 

Beberapa penghargaan yang telah diraih Addie yaitu meraih 5 Golden Trophy BASF Awards sebagai penata musik terbaik, 2 Golden Records untuk album Vina Panduwinata, dan 2 Silver Record untuk album Crisye.

Addie bahkan pernah membuat 3 orkrestrasi dalam album Dream Suite karya Suzane Ciani yang dinominasikan dalam Grammy Awards ke 38 sebagai The Best New Age Album. Karir Addie semakin memuncak tahun 1983-2006.

Pada tahun 2012 Addie MS membuat rekaman lagu - lagu daerah Indonesia yang digubah secara simfonik bersama Garuda Indonesia. Album rekaman yang diberi judul The Sounds of Indonesia ini mampu bertahan beberapa hari di urutan teratas Top Album, iTunes.

Addie menikah tanggal 13 September 1987 dengan Memes seorang penyanyi dan model gadis sampul. Mereka dikaruniai 2 anak yaitu Kevin Aprilio dan Trisan Juliano. Kevin mengikuti jejak orang tuanya menjadi pemusik mendirikan bend bernama Vierratale dan Princess.

Purwacaraka, lahir di Beograd Yugoslavia 31 Maret 1960 yang merupakan kakak kandung penyanyi dan pencipta lagu Trie Utami. Ayahnya Soedjono seorang tentara namun sangat menyukai musik.



Saat Purwacaraka berumur 7 tahun dibelikan piano oleh ayahnya. Purwacaraka belajar piano klasik dengan guru berkebangsaan Hongaria A Becalef. Namun orang tua Purwacaraka menginginkan Purwacaraka menamatkan pendidikan formalnya. Purwacaraka berhasil lulus kuliah di ITB jurusan Teknik Industri dengan IP ( Indeks Prestasi) diatas 3.

Sejak tahun 1979 Purwacaraka sudah bekerja di sebuah perusahaan musik dan sudah pula bermain musik di Malaysia dan Singapura.

Purwacaraka menghasilkan karya musik yang banyak menghiasi film - film dan sinetron. Sinetron populer Si Doel Anak Sekolahan ditayangkan di RCTI tahun 1990 adalah salah satu karya musik Purwacaraka. Setelah berkembang selama 28 tahun Purwacaraka memiliki hak paten sekolah musik sebanyak 50 cabang di berbagai kota.

Purwacaraka menikah dengan Sri Susanti pada tahun 1981 yang dikaruniai 3 orang anak yaitu Aditya Purwa Putra, Andrea Miranda Dwisanti Putri dan Amanda Utami Putri. Ketiga anak Purwa mengikuti jejak ayahnya di bidang seni.

Elfa Secioria Hasbullah, lahir di Garut 20 Februari 1959. Elva sudah menghadap yang kuasa pada 8 januari 2011 di usia 51 tahun karena komplikasi penyakit ginjal.



Elfa Secioria adalah komponis Indonesia yang sukses menggarap grup singer populer Elfa's Singers yang terdiri penyanyi top dari Yana Julio, Agus Wisman, Ucie Nurul, Lita Zen. 

Selain itu Elfa sering kali melatih beberapa penyanyi untuk diorbitkan dengan ciptaan musik, lagu, dan olah vokal yang dikelola oleh Elfa. Kepiawaian Elfa memadukan musik, lagu dan olah vokal yang baik membuat lagu - lagu dan penyanyinya hits.

Tanggal 23 Maret 2011 bertepatan dengan Perayaan Hari Musik Nasional Almarhum Elfa menerima Penghargaan Hadiah Seni dari pemerintah RI. Pada hari yang sama dalam acara "Untukmu Sahabat Elfa Secioria", Persatuan Artis Penyanyi Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) juga memberikan penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia (NBMI) kepada Elfa.

Andi Rianto, lahir di Sorong Papua 7 Mei 1972. Sejak usia 4 tahun Andi sudah les piano klasik. Bahkan pada usia 5 tahun telah mampu mengiringi anak - anak di TVRI pimpinan Kak Seto dan Henny Purnegoro. Pada umur 8 tahun Andi belajar piano pada Bartje Sitinjak.



Selanjutnya belajar pada Yamaha Music Foundation di bawah pimpinan Watanabe. Pada tahun 1990 ketika SMA Andi pindah ke Amerika dan menempuh pendidikan di Foresh High School, New York. Andi pulang ke Indonesia tahun 1999 dan mendirikan Magenta Orchestra di Jakarta.

Selain memimpin orkestra Andi juga sukses menggarap beberapa musik film. Andi merupakan pemimpin Magenta Orchestra. Beberapa artis ternama yang pernah digarap albumnya diantaranya Titi DJ, Ebiet G. Ade, Ari Lasso, Agnes Monica. Baca lainnya, 5 Musisi Jazz Terkenal di Indonesia Yang Luar Biasa Karyanya

Andi meraih nominasi dalam Festival Film Indonesia (FFI) sebagai Penata Musik Terbaik dalam film Arisan tahun 2003 dan Mengejar Matahari tahun 2004. Pada tahun 2005 Andi meraih Piala Vidia sebagai Penata Musik Terbaik drama seri Kapan Kita Pacaran Lagi?.

Pada tahun 2009 Andi membuat acara musik Harmoni sebagai acara persembahan ulang tahun RCTV kemudian menjadi acara bulanan yang selalu ditunggu karena kualitas musiknya. Selain itu Andi juga mendirikan Deluxe Symphony di Jakarta.