Entri yang Diunggulkan

Patriaki Budaya Khas Suku Batak Sumatera Utara Yamg Sangat Unik

Koes Plus, Grup Band Legendaris Indonesia Yang Luar Biasa Karyanya Seperti The Beatles


Koes Plus adalah satu - satunya grup band legendaris di Indonesia yang jenius dalam dunia musik. Keberadaan Koes Plus dalam dunia permusikan Indonesia sama halnya dengan keberadaan The Beatles dalam dunia permusikan bagi Inggris. 

Aliran musik Koes Plus beragam kadang musik pop, melayu, rock, keroncong bahkan tradisional Jawa. Grup - grup band ternama lainnya di Indonesia yang seangkatan Koes Plus seperti Panbers, Mercy's, D'Lloyd menjadikan Koes Plus sebagai "kiblat" meniru apa yang dilakuakan Koes Plus.

Koes Plus terbentuk pada tahun 1969 sebagai kelanjutan dari grup Koes Bersaudara yang terdiri dari 4 bersaudara kemudian ditambah satu orang diluar bersaudara. Nama personal grup Koes Bersaudara dan grup Koes Plus yaitu Nomo Koswoyo, Yon Koeswoyo, Yok Koeswoyo, Tonny Koeswoyo dan Muri. Nomo sering absen karena lebih suka bisnis lain sedangkan Tonny Koeswoyo cepat menghadap Tuhan pada 27 Maret 1987.  

Kelompok Koes Bersaudara dan Koes Plus memecahkan record album dan lagu hits terbanyak di Indonesia yang berjaya pada era ORLA (Orde Lama) dan ORBA (Orde Baru). Saking banyaknya lagu - lagu hits mereka tak tertampung untuk dirilis semuanya.

Sejak tahun 1960 prestasi kelompok Koes Bersaudara sebanyak 203 lagu dan 17 album, prestasi kelompok Koes Plus sejak tahun 1969 sebanyak 750 lagu dan 72 album.




Karena jasanya Koes Plus mendapat penghargaan Legend Best Award pada tahun 1992. Lagu - lagu Koes Plus hingga sekarang masih banyak anak muda yang bisa menyanyikan dan asyik di dengar. 

Beberapa lagu hits Koes Bersaudara yang sangat populer diantaranya Telaga Sunyi, Di Dalam Bui, Bis Sekolah, Laguku Sendiri, Dewi Rindu

Beberapa lagu Koes Plus yang sangat populer diantaranya, Kolam Susu, Kisah Sedih di Hari Minggu, Kembali ke Jakarta, Cinta Buta, Bunga di Tepi Jalan Derita, Manis Dan Sayang, Diana, Lagu Nusantara, Oh Kasihku, Kapan - Kapan Lagu - lagu dalam musik Jawa diantaranya Tul Jaenak, Ojo Nelongso
Lagu - lagu dalam musik melayu diantaranya Mengapa, Cinta Mulia
Dan dalam musik keroncong, Penyanyi Tua, dll banyak sekali lagu - lagu hits Koes Plus  

Keluarga Koeswoyo termasuk keluarga seniman yang patut diacungkan jempol karena berhasil menciptakan lagu - lagu hits yang meramaikan dunia musik Indonesia. Lagu - lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus telah menemani kehidupan sehari - hari masyarakat Indonesia dalam waktu yang panjang dengan warna musik khas dan indah pada jamannya yang sangat berkesan dan tak terlupakan.

Anak - anak personil Koes Plus juga menuruni bakat seni diantaranya penyanyi cilik terkenal pada era 70 - 80 yaitu Chicha Koeswoyo adalah anak dari Nomo Koeswoyo dan Sari Koeswoyo adalah anak dari Yok Koeswoyo.

Satu hal yang memprihatinkan, Koes Plus tidak menerima hak royalti seperti penyanyi dan grup band Indonesia jaman sekarang yang bisa memetik hasil dari karya mereka dengan hidup wah. Demikian juga grup band terkenal asal Inggris "The Beatles" yang seangkatan dengan Koes Plus bisa memetik hasil dari karya mereka dengan hak royalti. 

Sebagai penulis sangat berharap Koes Plus diberi hak yang pantas yaitu royalti yang sudah sangat besar jasanya menghibur masyarakat Indonesia seluruh Nusantara. Koes Plus hanya dibayar sekali setiap album yang dihasilkannya tidak ada royalti dan tambahan fee untuk setiap CD/kaset yang terjual.

Semoga semua lagu - lagu karya Koes Plus dapat dilestarikan dan bisa dirilis ulang kembali. Sayang sekali jika lagu - lagu Koes Plus terkubur hilang begitu saja. Baca lainnya, Rano Karno Aktor Kawakan di Indonesia Yang Memiliki Segudang Prestasi

Semoga generasi bangsa kedepannya dapat melestarikan dan menghargai karya - karya besar Koes Plus terutama anak - anak dari personil Koes Plus Hingga sekarang belum ada grup band di Indonesia yang prestasinya seperti Koes Plus. Semoga lagu - lagu Koes Plus tetap berjaya tak lekang di telan waktu.