Entri yang Diunggulkan

Patriaki Budaya Khas Suku Batak Sumatera Utara Yamg Sangat Unik

Rano Karno Aktor Kawakan Indonesia Yang Memiliki Segudang Prestasi di Berbagai Era


Rano Karno aktor kawakan ternama yang memiliki banyak prestasi pada era 70 an, 80 an, 90 an dan era kini sebagai pejabat negara. Rano Karno meraih berbagai penghargaan dengan segudang prestasi yang memiliki multi talenta sebagai aktor, sutradara, penyanyi, menjadi pejabat daerah.

Rano Karno sudah berkecimpung di dunia akting sejak kanak - kanak. Sejak usia 9 tahun Rano Karno diajak ayahnya membintangi film berjudul Lewat Tengah Malam, kemudian  pada tahun 1972 membintangi film berjudul Si Doel Anak Betawi karya Sjuman Djaja yang sangat populer menyebabkan nama Rano Karno terkenal. 

Pada tahun 1973 membintangi film Rio Anakku dan memperoleh penghargaan sebagai Aktor Harapan I PWI Jaya tahun 1974. Kemudian Rano juga meraih hadiah The Best Child Actor dalam Festifal Film Asia di Taipei Taiwan pada tahun 1974.

Sejak itu Rano Karno banyak membintangi film diantaranya yang berjudul, Wajah Tiga Perempuan pada  tahun 1976, Suci Sang Primadona pada tahun 1977, Gita Cinta dari SMA pada tahun 1979. Rano Karno mendalami aktingnya dengan belajar akting di  di East West Player, Amerika Serikat. 

Ketika industri perfileman fakum tidak produktif, Rano Karno beralih akting dalam sinetron dan meraih sukses besar yaitu sinetron yang berjudul "Si Doel Anak Sekolahan" pada tahun 1993-1997 di RCTI. Sinetron tersebut digarap Rano bersama saudara - saudaranya dalam PT Karnos Film. Film "Si Doel Anak Sekolahan" bersambung dengan episode berbeda:
- Si Doel Dan Teman - Teman di RCTI tahun 1998
- Si Doel Millenium di Indosiar tahun 2000
- Si Doel 6 di Indosiar tahun 2003
- Si Doel Anak Gedongan di Indosiar tahun 2005 - 2006

Dalam dunia tarik suara Rano Karno sempat melahirkan lagu - lagu populer dan sukses mencetak beberapa album. Lagu populer Rano Karno diantaranya berjudul Kau Yang Sangat Kusayang, Puspita, Bukalah Kacamatamu, dll. Selain itu Rano Karno juga nyanyi berduet dengan artis - artis wanita tenar diantaranya Ria Irawan, Nella Regar, Astri Ivo, dll.



Ayah kandung Rano seorang aktor kawakan bernama Soekarno M. Noer. Rano Karno lahir di Jakarta 8 Oktober 1960 dari ayah berdarah Minang dan ibu berdarah Jawa. 

Rano menikah dengan Dewi Indri pada 8 Februari 1988 dan mengadopsi 2 orang anak bernama Raka Widyarma dan Deanti Rakasiwi. Sebelumnya Rano Karno pernah menikah dan berakhir dengan perceraian setelah 2 tahun.

Rano Karno pernah menjadi duta khusus Indonesia bidang pendidikan oleh UNICEF di PBB. Rano Karno menjadi duta UNICEF dari Indonesia direkomendasikan oleh Prof Dr Emil Salim, Prof Adhyatma, Ibu Prof. Singgih, Ibu Murparawoto.

Pada tahun 2011 Rano Karno menjadi wakil Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Namun sejak 13 Mei 2014, Rano Karno ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai gubernur Banten menggantikan Ratu Choisiyah yang dinonaktifkan terkait kasus suap pilkada di MK. Baca lainnya, Koes Plus, Grup Band Legendaris Yang Luar Biasa Karyanya Seperti The Beatles

Itulah Rano Karno, satu - satunya aktor di Indonesia yang sukses di berbagai era dengan segudang prestasi yang dimilikinya.